Definisi dan Penerapan Komputasi Modern

Definisi dan Penerapan Komputasi Modern

 

logo_gunadarma

Capture

Jurusan Teknik Informatika,Fakultas Teknologi Industri

Universitas Gunadarma

Abstraksi

Perkembangan teknologi informasi dewasa ini sangat pesat. Manusia dituntut untuk menyelesaikan segala permasalahan dengan cepat dan cermat. Masalah yang dihadapi bisa berupa masalah sosial, sains maupun model matematika. Khususnya untuk bidang sains dan model matematika, keberadaan komputer dan dukungan dari berbagai jenis algoritma komputer sangatlah diperlukan. Perpaduan dari kemajuan aspek tersebut dikenal dengan Komputasi Modern. Contoh jenis Komputasi Modern yang dewasa ini dikenal adalah Cloud Computing, Jaringan Syaraf Tiruan dan Grid Computing.

Kata Kunci : komputasi modern, cloud computing, jaringan syaraf tiruan.

Pendahuluan

Seiring dengan perkembangan taknologi komputer saat ini, komputer memiliki banyak manfaat agi manusia diberbagai bidang diantaranya sebagai media informasi, edukasi, dan komunikasi. Oleh karena itu komputer banyaj dimanfaatkan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan manusia, pekerjaan yang duunya hanya bisa dilakukan secara manual, namun dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, pekerjaan tersebut dapat dikerjakan dengan bantuan komputer yang tentunya sangan memudahkan dan dapat menghemat waktu.

Salah satu perkembangan teknologi saat ini adalah Komputasi Modern. Komputasi Modern merupakan suatu cara untuk memecahkan masalah menggunakan bantuan komputer, dimana output yang dihasilkan berupa informasi yang bermanfaat bagi pengguna. Secar umum, ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang fokus pada penyusunan model matematika teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer  untuk menganalisis dan memecahkan masalah ilmu / sains. Bidang ini dapat memberikan berbagai pemahaman baru melalui penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu tersebut.

Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu tahap yang pertama adalah dengan melakukan studi pustaka untuk mencari literatur yang terkait dengan Komputasi Modern. Kemudian tahap kedua adalah observasi terhadap salah satu contoh jenis Komputasi Modern yaitu aplikasi Cloud Computing. Langkah terakhir adalah melakukan analisa dan mendokumentasikan segala jenis observasi dan studi pustaka yang ditemukan.

Pembahasan

Definisi

Komputasi dapat diartikan sebagai cara untuk memecahkan masalah dari inputan menggunakan suatu algoritma tertentu dimana algoritma yang digunakan dapat mempermudah proses pemecahan masalah tersebut. Pada awalnya, komputasi umumnya menggunakan pena dan kertas maupun alat tulis lainnya seperti kapur bahkan batu tulis. Karena masalah yang semakin rumit dan tuntutan untuk memecahkan masalah dengan cepat maka diciptakanlah komputer  yang akan membantu segala pekerjaan dan persoalan yang dihadapi manusia.

Modern adalah suatu pandangan yang menegaskan masyarakat telah menciptakan produk-produk secara massal guna mempermudah kehidupan manusia.

Dari kedua definisi tersebut dapat kita simpulkan bahwa komputasi modern merupakan suatu cara untuk memecahkan masalah menggunakan bantuan komputer, dimana output yang dihasilkan berupa informasi yang bermanfaat bagi pengguna. Secar umum, ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang fokus pada penyusunan model matematika teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer  untuk menganalisis dan memecahkan masalah ilmu / sains. Bidang ini dapat memberikan berbagai pemahaman baru melalui penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu tersebut.

Sejarah

John Von Neumann merupakan ilmuan besar abad 21 yang menemukan konsep Komputasi Modern. Neumann adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputasi modern. Teori kuantum, game theory, fisika nuklir dan ilmu komputer merupakan sebagian kecil karya yang telah dihasilkannya. Beliau merupakan salah seorang ilmuan yang sangat berpengaruh dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II.

Gambar 1.  John Von Neumann (gthe.wordpress.com)

Gambar 1. John Von Neumann (gthe.wordpress.com)

Von Neumann lahir di Budapest – Hungaria pada 28 Desember 1903 dengan nama Neumann Janos. Dia adalah anak pertama dari pasangan Neumann Miksa dan Kann Margit.  Von Neumann belajar berbagai tempat dan beberapa tempatnya di Berlin dan Zurich. Di tempat itu beliau mendapatkan diploma pada bidang teknik kimia pada tahun 1926. Pada tahun yang sama dia mendapatkan gelar doktor pada bidang matematika dari Universitas Budapest.

Keahlian Von Neumann terletak pada bidang teori game yang melahirkan konsep seluler automata, teknologi bom atom, dan komputasi modern yang kemudian melahirkan komputer. Kegeniusannya dalam bidang matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.

Von Neumann menjadi seorang konsultan pada pengembangan komputer ENIAC dan merancang konsep arsitektur komputer yang masih dipakai sampai sekarang. Arsitektur Von Nuemann adalah seperangkat komputer dengan program yang tersimpan (program dan data disimpan pada memori) dengan pengendali pusat, I/O, dan memori.

Jenis-jenis Komputasi Modern
  • Jaringan Syaraf Tiruan

Jaringan saraf tiruan (JST) (Bahasa Inggris: artificial neural network (ANN), atau juga disebut simulated neural network (SNN), atau umumnya hanya disebut neural network (NN)), adalah jaringan dari sekelompok unit pemroses kecil yang dimodelkan berdasarkan jaringan saraf manusia. JST merupakan sistem adaptif yang dapat mengubah strukturnya untuk memecahkan masalah berdasarkan informasi eksternal maupun internal yang mengalir melalui jaringan tersebut.

Gambar 2. Jaringan Syaraf Tiruan

Gambar 2. Jaringan Syaraf Tiruan

Secara sederhana, JST adalah sebuah alat pemodelan data statistik non-linier. JST dapat digunakan untuk memodelkan hubungan yang kompleks antara input dan output untuk menemukan pola-pola pada data.

  • Mobile Computing

Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.

  • Cloud Computing

Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

Gambar 3. Cloud Computing

Gambar 3. Cloud Computing

Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

  • Grid Computing

Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar.

Implementasi

Bagian ini akan menjelaskan pengimplementasikan salah satu aplikasi Cloud Computing yaitu Google Drive.

Buka laman Google Drive https://drive.google.com. Buat akun Google. Jika telah memiliki akun Google, maka lakukan proses sign in.

Gambar 4. Sign in Akun Google

Gambar 4. Sign in Akun Google

Jika proses sign in berhasil maka akan muncul pesan yang terdapat pada Gambar 5.

Gambar 5. Laman Drive

Gambar 5. Laman Drive

Klik Button “Try Google Drive”.

Gambar 6. Laman Fitur Google Drive

Gambar 6. Laman Fitur Google Drive

Jika ingin mengunggah file, klik icon upload yang telah ditandai pada Gambar 6. Jika proses pengunggahan file telah berhasil, pengguna bisa membaginya kepada pengguna lain ataupun disimpan secara private.

Simpulan dan Saran

Komputasi Modern merupakan teknologi yang dapat membantu manusia untuk memecahkan berbagai persoalan. Pada proses pengimplementasian terhadap salah satu jenis Komputasi Modern yaitu aplikasi media penyimpanan online yang termasuk ke dalam jenis aplikasi Cloud Computing, pengguna memiliki fleksibilitas terhadap media penyimpanan. Tidak perlu membawa media penyimpanan kemanapun, cukup simpan pada aplikasi cloud jika dibutuhkan pengguna bisa mengunduhnya secara langsung. Namun kelemahannya, internet mempunyai peran vital pada proses pengoperasian aplikasi tersebut.

Daftar Pustaka :

[1] Riskiana, Resa. Implementasi dari Komputasi Modern. http://resariski.wordpress.com/2012/03/19/477/,  Diakses 17 Maret 2014.

[2] Wikipedia Indonesia. Jaringan Syaraf Tiruan, http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_saraf_tiruan, Diakses 17 Maret 2014.

[3] Wikipedia Indonesia. Komputasi Awan, http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan, Diakses 17 Maret 2014.

[4] Yulinda, Eva. Cara Menggunakan Google Drive, http://evvayulinda.blogspot.com/, Diakses 17 Maret 2014.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: