Bisnis Informatika

romydjuniardi.blogspot.com

romydjuniardi.blogspot.com

Bisnis merupakan suatu usaha yang dapat menumbuhkan ekonomi di suatu wilayah. Semakin banyak angka bisnis yang dijalankan pada suatu wilayah tersebut, maka semakin pesat pula pertumbuhan ekonominya. Pada era globalisasi seperti sekarang, peran dunia IT dengan bisnis sangatlah penting. Dengan penggunaan IT sebagai alat penunjang perusahaan tersebut, maka laju perkembangan bisnis kemungkinan besar akan semakin pesat. Pada awalnya IT hanya dimanfaatkan sebagai sarana penunjang bisnis di suatu perusahaan. Namun seiring pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, IT merupakan pemain utama yang merupakan bidang bisnis yang cukup menjajikan untuk digeluti. Untuk menambah wawasan kepada para pembaca, saya akan membahas salah satu contoh perusahaan yang memanfaatkan IT atau bahkan menggunakan kemajuan IT sebagai sentral bisnis perusahaan. Hal ini sangat berguna sekali bagi anda yang ingin mencoba untuk berbisnis, khususnya bisnis pada bidang IT. Contoh perusahaan yang akan dibahas adalah Biznet. Dalam uraiannya, akan saya jelaskan profil perusahaan tersebut, bagaimana ruang lingkupnya serta spesifikasi perusahaan itu sendiri.

Deskripsi Perusahaan

Biznet adalah perusahaan yang fokus di bisnis telekomunikasi & multimedia. Biznet memiliki komitmen untuk membangun infrastruktur telekomunikasi & multimedia modern untuk menunjang penduduk Indonesia, bisnis dan pendidikan. Biznet akan menyediakan layanan dan teknologi muktahir kepada penduduk Indonesia untuk mengurangi kesenjangan digital dengan negara berkembang lainnya.

Logo_Biznet

Sejarah

Biznet Networks berdiri pada tahun 2000 sebagai Internet Provider Service yang menyediakan kebutuhan Internet untuk pelanggan bisnis. Pada tahun 2000, Biznet menggunakan teknologi Wireless dan In-Building Ethernet. Berkat dukungan dari tim teknis terbaik dan penuh komitmen, Biznet Networks mulai merintis jalan untuk menjadi salah satu Network Service Provider terdepan di Indonesia.

Munculnya kebutuhan akan infrakstrutur jaringan yang andal membuat Biznet Networks paham bahwa banyak perusahaan tergantung pada keandalan infrakstruktur untuk bisnis mereka. Lewat penelitian dan pengembangan, tim Biznet Networks Engineering Labs menganggap bahwa serat optik adalah jaringan terbaik dan tak lama setelah itu mulai merentang kabel serat optik di seputar Jakarta.

Capture

Visi

Menjadi penyelenggara telekomunikasi & multimedia terkemuka di Indonesia dengan memberikan jaringan dengan kemampuan tinggi, customer care yang ramah dan inovasi layanan dengan menggunakan teknologi terkini.

Misi

  • Biznet adalah badan usaha yang fokus pada bisnis telekomunikasi & multimedia
  • Biznet memiliki komitmen untuk membangun infrastruktur telekomunikasi & multimedia yang modern untuk mendukung Masyarakat Indonesia, baik dalam bidang bisnis maupun pendidikan
  • Biznet akan menyediakan teknologi yang lebih canggih dan layanan untuk masyarakat Indonesia untuk menurunkan kesenjangan digital dengan negara-negara maju lainnya

Cakupan & Spesifikasi Perusahaan

Biznet memiliki dan memelihara ribuan saluran fiber optic kilometer dan kabel di sekitar Jakarta dan kota-kota besar lain di Jawa dan Bali. Biznet juga memiliki dan mengoperasikan Biznet InterCity Network, yang menghubungkan kota-kota besar di Pulau Jawa. Biznet menggunakan beberapa teknologi jaringan seperti Metro Ethernet, GE-PON (Gigabit Ethernet Passive Optical Network), HFC (Hybrid Fiber Coaxial), NG-SDH (Next Generation – Synchronous Digital Hierarchy) dan MPLS (Multi Protocol Lapisan Switching). Biznet juga mengoperasikan International POPs terletak di Manila – Filipina, Hong Kong, London – Inggris, Palo Alto – Amerika Serikat, Seoul – Selatan
Korea, Singapura, Sydney – Australia, Tokyo – Jepang dan terhubung ke Internet Exchange utama di dunia.

Pegawai

Lebih dari 500 pegawai yang siap untuk mengoperasikan perusahaan.

Customer

Biznet telah digunakan oleh banyak perusahaan terkemuka seperti ANZ Bank, AC Nielsen, AXA, Bank Central Asia (BCA), BHP Billiton, Bank Mandiri, Bank BNI, Mitsubishi UFJ Group, Coca Cola, Hess, Inpex, Jakarta International School, Japex, Korindo, Marubeni, Mizuho Bank, Orix, Prudential, Reuters, Ayana Resort Bali, Mandarin Oriental Jakarta, Hotel Intercontinental MidPlaza Jakarta, Shell, Toyota dan Toyota Tsusho. untuk up to date daftar pelanggan, silahkan kunjungi http://www.biznetnetworks.com/En/?menu=CustomerList

Omzet

Dalam wawancara yang dilakukan oleh bisnis.com, CEO Biznet tidak menyebutkan secara pasti omset yang diperoleh dalam setahun. Berikut adalah potongan wawancara yang dilakukan :

Ya cukup buat ngopi hehehe… Kita privat company tidak pernahdisclosed, cukup-cukup ngopi ya.

Offices

Biznet memiliki beberapa kantor dan cabang di Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang, Bali, Bandung, Malang, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta. Ekspansi ke kota-kota besar lainnya sedang berlangsung.

Management Team

Adi Kusma, President Director
Kristian Kawiran, Director
Husin Suhaidi, Director

Kontak

PT. Supra Primatama Nusantara
MidPlaza 2, 8th Floor. Jl Jend. Sudirman Kav 10-11. Jakarta 10220 – Indonesia.
Phone: +62-21-57998888 Fax: +62-21-5700580
Web: http://www.biznetnetworks.com

Referensi :

http://www.biznetnetworks.com/Id/?menu=companyprofile

http://www.biznetnetworks.com/PDF/Biznet_Corporate_Fact_Sheet_2012.pdf

http://www.bisnis.com/ceo-biznet-adi-kusuma-memilih-jalan-sendiri

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: