3 Game Trend iPhone 2013

Selection_310Selama bulan Januari hingga Maret 2013 kita sudah banyak menemukan beberapa game seru yang bisa kita mainkan. Saya akan mengadakan penilaian dan review dimana saya akan mengumpulkan semua game terbaik yang pernah kita review dan memberikan predikat top of the top pada game yang menurut saya paling baik. Berikut reviewnya.

SUPER STICKMAN GOLF 2

Setelah hampir 3 tahun semenjak Super Stickman Golf direlease di App store, akhirnya sekarang Noodlecake Studios kembali menghidupkan kembali super Stickman Golf lewat sequel terbarunya. Secara gameplay dan grafis kamu tidak akan menemukan banyak perbedaan, namun kali ini mereka menambahkan beberapa fitur baru yang cukup menarik seperti sistem lotre dan juga kustomisasi pemain.

super stick golf 1

Gameplay

Super Stickman Golf bisa dibilang sebuah game golf yang sangat casual seperti put-put golf tapi dengan tambahan dimensi vertikal, sehingga bisa saja lubang golfnya tidak berada pada ketinggian atau bahkan platform yang sama. Lingkungan yang kamu harus taklukan sangat extreme dan tidak mendekati olahraga golf aslinya.

Tapi disinilah letak kegilaan dan keseruan dari Super Stickman Golf 2. Kamu tidak perlu pusing dengan jenis stick golf yang berbeda-beda, angin dan variable lainnya seperti golf asli. Cukup arahkan, atur tenaga dan tembak. Walaupun terdengar lebih mudah tapi kamu harus juga memperhatikan rintangan yang diberikan dalam setiap tracknya karena disinilah inti dari gamenya. Bisa saja jarak antara kamu dengan lubang bersebelahan tapi dibatasi oleh dinding sehingga kamu terpaksa memutar lewat atas, naik ke platform yang tinggi, melewati batu-batu yang bergerak, menyusuri sebuah gua yang sangat kecil untuk menyelesaikannya.

 super stick golf 2

Tombol di sebelah kiri berfungsi untuk mengatur arah pukul sedangkan tombol kanan untuk mengatur tenaga dan memukul bola golf. Satu hal yang cukup mengejutkan bagi saya adalah kamu tidak akan diberikan penanda kekuatan terakhir kamu. Sehingga jika kamu mengulangi ayunan maka kamu harus mengingat secara manual berapa tenaga yang terakhir kamu gunakan. Tapi ternyata oh ternyata fitur ini dijual lewat toko di dalam game dan membutuhkan uang asli untuk membukanya.

Super Stickman Golf 2 terdiri dari 5 tour. Masing-masing tour terdiri dari 4 land, dan setiap land terdiri dari 9 level. Saya akan membiarkan kamu menghitung sendiri berapa jumlah levelnya tapi bagi kamu yang malas maka jumlahnya banyak dan worth untuk dimainkan/beli. Yang unik dari mode single player ini adalah untuk dapat memainkan land selanjutnya kamu terlebih dahulu harus menyelesaikan sebuah land dengan jumlah par yang ditentukan. Par ini bisa dibilang jumlah tembakan yang kamu lakukan untuk memasukkan bola golf. Jadi misalkan setiap level kamu membutuhkan 5x ayunan maka 1 land akan kamu selesaikan dengan 45 ayunan (par), masalahnya adalah untuk bisa main di land berikutnya kamu harus menyelesaikan di bawah 45 par (contoh).

Super Stickman Golf 2 juga mempunyai tipe bola yang berbeda-beda dengan kemampuan khusus. Misalnya bola berwarna pink dapat menempel setelah kamu tembak atau bola es akan mengapung di atas air. Serunya adalah dalam menyelesaikan sebuah land kamu akan diberikan 7 buah bola super dan jika kamu mengulang land tersebut maka kamu akan diberikan 7 lagi. Ini cukup fair mengingat game-game lain cenderung menjadikan ini sebagai potensi IAP.

 super stick golf 3

Karakter kamu akan mendapatkan exp setiap menyelesaikan sebuah level. Semakin tinggi level golfer kamu maka karakter lainnya akan terbuka, setiap golfer mempunyai karakteristik yang unik dan bisa langsung dipakai setelah dibuka (tidak perlu bayar). Satu-satunya item yang dapat mempengaruhi status kamu secara langsung adalah topi dan topi ini dapat dibeli dengan menggunakan bux (mata uang IAP).

Uniknya, kamu dapat membeli topi ini dengan cara lotre. Semakin banyak bux yang kamu invest maka semakin besar kemungkinan kamu untuk mendapatkan sebuah topi (persentase keberhasilannya juga ditampilkan. Ada sekitar 30an topi dan semuanya bergantung dari mesin lotre ini.

Selain mode single player kamu juga bisa bermain lewat mode multiplayer. Disini kamu akan secara bergantian dengan pemain lain dari seluruh dunia untuk menyelesaikan sebuah level dengan beradu jumlah ayunan paling sedikit. Tapi karena mode multiplayernya adalah asynchronous maka kamu tidak akan bermain secara live dan harus menunggu lawan menyelesaikan giliran mereka, bisa 1 menit, bisa 1 hari tergantung kapan mereka melakukan giliran mereka.

Presentation

Seperti yang bisa kamu lihat di atas Super Stickman Golf 2 menggunakan presentasi yang sangat sederhana namun cukup enak dilihat. Gaya grafisnya memang tidak berubah banyak dari versi sebelumnya. Tidak ada yang spesial memang namun saya juga tidak merasa bahwa kualitas visual game ini jelek. Untuk suara dan navigasi semuanya berlangsung dengan cukup standard dan berfungsi sebagaimana mestinya.

super stick golf 4

Pricing & IAP

Inilah bagian yang sedikit perlu dibahas mendalam. Super Stickman Golf 2 tersedia dengan harga Rp 9.500 untuk App Store (tanpa iklan) dan gratis untuk Google Play. Versi Androidnya (yang saya mainkan) mempunyai semua fitur yang dimiliki oleh versi iOS, namun terdapat iklan yang muncul setiap beberapa lama sekali. Iklannya full screen dan dapat mudah ditutup sehingga tidak terlalu mengganggu, kecuali jika koneksi kamu lambat maka kamu harus menunggu dulu iklannya terbuka sepenuhnya baru bisa ditutup. Untuk kali ini saya bisa bilang bahwa versi Androidnya lebih menguntungkan karena iklannya tidak mengganggu dan fiturnya sama.

Bux adalah mata uang IAP yang kamu akan dapatkan selama bermain, namun bukan dari setiap kali menamatkan sebuah level. Bux bisa kamu dapatkan dengan cara: mengumpulkan bux yang tercecer disetiap level (jumlahnya tidak pasti dan belum tentu ada, dan tempat menaruh buxnya sangat extreme), menyelesaikan achievement atau juga dari menyelesaikan misi. Sayangnya misi ini bersifat random, jadi jika kamu sedang bermain tiba-tiba bisa ada misi “selesaikan level dengan tepat 4 ayunan” dengan hadiah 2bux. Tapi misi yang random ini relatif jarang muncul.

 super stick golf 5

Pada dasarnya bux hanya diperlukan untuk membeli topi dan jumlah yang diberikan dari gamenya terhitung cukup tanpa harus berbelanja. Selain itu bux juga bisa digunakan untuk mempercepat proses naik level karakter dengan instant, namun jika kamu bermain secara normal level karakter juga bisa naik. Topi-topi ini akan membantu kamu dalam menembak dengan status yang mereka berikan misalnya 15% power increased, namun yang terutama adalah skill kamu sendiri.

Verdict

Super Stickman Golf 2 adalah game yang wajib kamu punya dan kamu bahkan tidak perlu menyukai atau tahu tentang olahraga golf untuk bisa memainkannya. IAPnya juga dirancang dengan seimbang dan tidak memaksa kamu untuk memainkannya. Apalagi dengan harganya yang gratis untuk Android, maka kamu akan rugi besar jika tidak mendownloadnya.

GLADIATOR

Sekilas jika dilihat I, Gladiator memang sangat mirip dengan Infinity Blade. Saya sendiri rasanya sudah cukup memainkan game “bajakan” Infinity Blade dan mulai malas menjajal copy-copy tidak kreatif lainnya. I, Gladiator hampir saja saya tidak review karena hal itu tapi untungnya saya berubah pikiran. Jika kamu menyukai Infinity Blade maka saya jamin kamu juga akan menyukai I, Gladiator. Biar saya kasih tahu kenapa.

Gameplay

I, Gladiator adalah game yang mempunyai jalan cerita yang menarik dan cukup kuat. Jadi cukup sulit untuk membahas game ini tanpa menceritakan dengan lengkap latar belakangnya. Diceritakan pada masa dulu manusia gemar sekali dengan yang namanya pertarungan manusia dalam sebuah arena yang dikenal sebagai gladiator. Karakter utama kita adalah salah satu gladiator yang kuat namun juga mempunyai perasaan sehingga ia memutuskan untuk tidak membunuh lawan terakhirnya.

gladiator 1

Namun sang lawan malah memanfaatkan kesempatan ini dan membunuh karakter utama kita. Roh dari gladiator kita akhirnya sampai ke alam baka. Yang unik, ternyata dewa-dewa juga menyukai aksi gladiator yang dilakukan manusia dan satu dewa memutuskan untuk menghidupkan kembali karakter kita untuk menyenangkan mereka dengan lebih banyak pertarungan. Disinilah perjalanan kita dimulai untuk kembali menjadi gladiator terbaik.

gladiator 2

I, Gladiator bisa dibilang merupakan sebuah gabungan hack n slash dengan Infinity Blade. Ketika kamu memulai story linenya maka kamu akan ditempatkan dalam sebuah arena yang berisi beberapa gladiator lain. Semua akan saling melawan dan orang terakhir yang menang adalah juaranya. Jadi kamu sudah bisa mengharapkan beberapa aksi brutal disini.

Untuk menggerakkan karakter kita cukup tap tombol besar yang ada di bagian kiri layar, karakter kita akan selalu bergerak lurus ke depan sehingga kamu harus mengontrol larinya dengan swipe di layar dimana saja sambil menahan tombol lari. Begitu ada musuh yang berada di dekat kamu maka kamu bisa tap musuh tersebut untuk mulai menyerang.

Begitu kamu masuk ke dalam mode pertarungan maka kamera akan menyempit sedikit dan berfokus kepada kamu dan lawan kamu. Kamu bisa swipe dari kiri ke kanan untuk melakukan serangan, tap block untuk melakukan block, swipe ke bawah untuk menendang dan yang unik adalah tap dimana saja untuk membuat karakter mengumpulkan tenaga untuk mengeluarkan serangan spesial. Cukup mirip dengan Infinity Blade namun dengan perbedaan kita tidak dapat menangkis serangan mereka dengan cara swipe berlawanan.

 gladiator 3

Perlu diingat bahwa dalam 1 arena bisa terdiri dari 4-5 gladiator lainnya sehingga kamu harus memperhatikan lingkungan kamu. Bisa saja ketika kamu asik bertarung dengan seorang, ada yang menyelinap dan menyerang kamu dari belakang. Jika ini terjadi kamu bisa menghindar dengan cara tahan tombol blok dan swipe ke arah lain. Yang perlu kamu lakukan adalah memposisikan semua musuh di depan kamu sehingga kamu tidak bisa diserang dari segala arah. Terkadang kamu juga harus menendang musuh agar jatuh sehingga memberikan cukup waktu untuk melawan yang lain.

Memang tidak semua musuh akan menyerang kamu, tapi begitu kamu sudah mulai mengalahkan banyak orang maka musuh yang tersisa akan secara natural berkelompok untuk mengincar kamu yang terlihat kuat. Yang saya suka dari game ini, kamu bisa menggunakan lingkungan arena untuk berbagai kepentingan, misalnya jika ada musuh yang mati maka kamu bisa mengambil senjatanya. Jika ada jebakan maka kamu bisa memancing mereka dan yang menjadi favorit saya yaitu mengalahkan musuh dengan cepat dengan mendorongnya ke arah bambu runcing tajam. Tetapi kamu harus membuat musuh stun terlebih dahulu dengan melancarkan kombo bertubi-tubi.

Kamu juga bisa upgrade berbagai senjata kamu dari merchant yang disediakan. Untuk mode utamanya kamu dapat memainkan sebanyak 80 arena yang mana cukup panjang untuk diselesaikan. Setiap arena biasanya terdiri dari 4 petarung dan 2 wave, ya jika kamu berhasil mengalahkan semua orang maka wave kedua akan datang dan kamu harus menang wave ke dua untuk dapat disebut juara arena.

Terdapat menu multiplayer dalam game ini tapi masih belum bisa dimainkan. Mungkin pada update selanjutnya. Overall saya suka sekali dengan gameplaynya yang lebih deep dari pada Infinity Blade, belum lagi dengan jalan ceritanya yang cukup seru.

Presentation

Presentasi adalah salah satu kekuatan game ini. Mulai dari detik pertama kamu akan disajikan sebuah animasi pembuka lengkap dengan voice actor dengan bahasa asing (latin, mungkin?). Sepuluh menit pertama kamu akan dihabiskan untuk melihat jalan cerita dan dialog yang membentuk jalan cerita utama game ini.

Kualitas grafisnya juga sangat baik, tidak sebagus Infinity Blade II namun I, Gladiator menggunakan pendekatan unik yaitu cell shader yang merupakan salah satu tipe grafis favorit saya. Intinya kamu tidak akan kecewa dengan presentasi yang disajikan oleh game ini.

gladiator 4

Pricing & IAP

I, Gladiator dibandroll dengan harga Rp. 49.000, agak mahal memang namun kualitas game ini juga terbukti baik. Absennya multiplayer sedikit mengurangi value dari game ini. Jika mau dibandingkan dengan Infinity Blade 2, I Gladiator mempunyai harga yang lebih murah tetapi tidak kalah dengan game fenomenal iOS tersebut.

IAP dalam game ini ditujukan untuk mempercepat kamu dalam proses pengumpulan item dan upgrade. Sama seperti IB2, ini hanya bersifat akselerasi dan tidak wajib sama sekali.

Verdict

I, Gladiator mempunyai gameplay yang lebih aktif dan inovatif jika dibandingkan dengan Infinity Blade II dan saya bisa dengan mudah merekomendasikannya untuk kamu. Harganya memang sedikit lebih mahal namun kamu juga tidak akan dirugikan. Must have bagi mereka penggemar game dengan genre seperti Infinity Blade.

UNMECHANICAL

Setelah sekian lama menanti akhirnya Talawa Games merilis juga Unmechanical ke iOS. Unmechanical sendiri sudah dirilis dalam versi PC sejak Agustus lalu tahun lalu. Dengan grafisnya yang didukung tenaga Unreal Engine 3, membuat saya jatuh hati pada game ini sejak pandangan pertama (lebay). Sejak saat itu saya selalu berharap kapan ya game ini akan diporting ke iOS? Dan akhirnya penantian saya tidak sia-sia. Yuk, kita lihat seperti apa gamenya?

unmechanical 1

Gameplay

Ceritanya dibuka dengan sekelompok helicopter sedang berpergian bersama-sama, namun malang sebuah helicopter terhisap oleh suatu pipa yang menuju ke gua bawah tanah. Nah, bisa ditebak, tugasmu di sini membantu sang helicopter untuk keluar dari tempat yang aneh ini. Dengan adanya baling-baling di kepala, helicopter bisa terbang dengan bebas, Helicopter juga memiliki kekuatan magnetik yang membuat ia mampu mengangkat benda-benda, seperti batu, orb, besi, dsb.

unmechanical 2

Untuk bisa keluar dari tempat ini, helicopter harus menelusuri setiap lingkungan yang ada. Akan ada pintu-pintu yang menghalangimu untuk bisa lanjut ke tahap selanjutnya. Nah, untuk bisa membuka pintu ini, kamu harus menyelesaikan puzzle yang ada. Puzzle di sini dibuat sangat beragam dan pastinya akan sangat mengasah logika berpikirmu. Misalnya kamu harus meletakkan batu untuk merusak kinerja gerigi yang berputar sehingga gerigi tersebut akan terlepas dan menghancurkan pintu yang ada.

Elemen memori, logika, fisika sangat kental dalam game ini. Mulai dari yang sederhana seperti mengingat urutan bola lampu, mengganti baterai, penerapan sifat elektromagnetik sampai tingkat yang agak rumit seperti membuat suatu dentuman yang sama dengan apa yang kita dengar atau membuat pola lingkaran yang tidak boleh sama antara satu dengan yang lain.

unmechanical 3

Puzzle-puzzle ini ada yang dibuat berkaitan secara tidak langsung. Misalnya untuk bisa keluar dari Pacemaker (nama dari Chapter 3), kamu harus bisa memasang lengkap 4 orb yang terletak di tengah jantung . Nah, untuk orb yang ke 4, kamu akan mendapatkannya di lingkungan pertambangan, setelah itu kamu akan kembali ke Pacemaker, menyelesaikan puzzle kembali dan lanjut ke tahap akhir yaitu factory. Bisa dibilang sebenarnya Unmechanical tidak memiliki jalur cerita yang jelas. Akan tetapi kehebatan setiap puzzle yang disajikan menutup kekurangannya yang satu ini. Saya tidak akan memberikan banyak spoiler kali ini, karena anda harus mencobanya sendiri😉.

Terdapat 2 kontrol pada game ini, touch dan joystick. Untuk touch, kamu hanya butuh tap dan drag jarimu ke kanan atau kiri, lalu double tap untuk mengaktifkan kekuatan magnetik helicopter. Unmechanical memang hanya terdiri dari 5 chapter dan chapter 1 hanya lah intro saja tanpa ada gameplay sedikit pun. Namun tenang saja, paling sedikit anda akan menghabiskan waktu selama 3 jam untuk bisa menyelesaikan game ini. Jika anda stuck menyelesaikan puzzle yang ada, akan ada hint berupa balon gambar yang ditampilkan oleh helicopter.

Presentation

Dengan didukung tenaga Unreal Engine 3,game ini sudah tidak perlu diragukan lagi dari sisi grafisnya. Penggambaran environmentnya dibuat sangat detail dan juga terlihat luas. Memang terdapat penurunan kualitas grafis jika dibandingkan dengan versi PC-nya, terutama pada lingkungan air. Jika pada versi PC kamu bisa melihat indahnya karang yang berwarna-warni, maka yang kamu temui hanyalah gelap saja pada versi iOS. Tapi untuk standar sebuah mobile game, Unmechanical bisa dengan mudah masuk ke dalam jajaran game papan atas.

Mengenai urusan musik, Unmechanical memiliki musik yang misterius dan bergenre sci-fiction. Soundtrack yang digunakan juga lumayan banyak, jadi kamu tidak akan mengalami kebosanan untuk hal yang satu ini. Kamu bahkan bisa mendownload musiknya lewat link di bawah ini.

unmechanical 4

Verdict

Unmechanical adalah game puzzle yang cocok bagi kalian penggila puzzle. Jenis puzzlenya yang lebih dari 30 jenis akan membuatmu sedikit mengerutkan dahi untuk bisa menyelesaikannya. Developernya sedang mengadakan diskon 25% untuk merayakan rilis pertamanya. Dan menurut saya untuk sebuah game dengan tenaga Unreal Engine disertai gameplaynya yang cerdas, harga Rp 29.000,adalah harga yang amat worth untuk dibayarkan. Langsung saja download melalui link di bawah ini sebelum harganya kembali naik.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: