3 Game Android Terbaik April 2013

Selection_294Masuk ke dalam bulan yang baru memang sangat menyenangkan. Salah satunya karena akan banyak game-game baru yang akan hadir di bulan depan. Tetapi sebelum kita melangkah masuk, lebih baik kita flashback dahulu 1 bulan ke belakang untuk melihat game apa saja yang mendapatkan predikat terbaik sepanjang bulan April 2013.

1. Cut The Rope: Time Travel

Cut The Rope adalah game yang terkenal, mungkin tidak setenar Angry Birds namun jika kamu sampai tidak pernah mendengarnya maka either kamu sama sekali baru di dunia mobile gaming atau kamu melakukan sesuatu yang salah. Kali ini lewat versi terbarunya kita akan melihat apakah ada penambahan berarti atau hanya sekedar penambahan level yang diganti dengan judul game baru.

cut the rope

Gameplay

Cut The Rope: Time Travel pada dasarnya masih sama dengan seri-seri sebelumnya kamu harus memberi makan Om Nom karakter cute kita dengan permen. Namun kali ini Om Nom tersedot oleh mesin waktu sehingga ia kembali ke masa lampau dan bertemu dengan para leluhurnya (mungkin) dan ini menyebabkan kamu harus memberi makan 2 Om Nom dalam setiap levelnya. Jika salah satu tidak mendapatkan permennya maka level tersebut tidak akan selesai.

Salah satu yang paling terasa berbeda dari seri sebelumnya adalah kali ini kamu akan lebih banyak bermain dengan yang namanya ketepatan. Jika sebelumnya kebanyakan kamu hanya perlu memotong tali yang benar maka kali ini elemen waktu lebih banyak terpakai dari seri sebelumnya.

cut the rope 1

Di Time Travel terdapat dua fitur utama yang saya pikir cukup penting, yang pertama adalah fitur time freeze dimana kamu dapat memberhentikan waktu dan yang kedua adalah tali baru yang berupa rantai dimana rantai ini tidak dapat dipotong dengan swipe jari melainkan dengan gerigi pemotong yang disediakan dalam game ini. Kedua fitur baru ini membuat gameplaynya menjadi lebih berbeda dan lebih mendalam dari versi sebelumnya.

Contohnya terkadang kamu harus membiarkan permen berayun ke arah duri, dan pada saat-saat terakhir kamu menekan tombol freeze lalu memotong talinya, begitu tombol freeze ditekan kembali maka permen akan jatuh tepat ke bawah Om Nom dan tidak menabrak duri. Selain dua fitur ini masih banyak juga fitur-fitur lainnya seperti bom yang dapat meledak ketika bersentuhan dengan benda lain.

cut the rope 2

Cut The Rope: Time Travel seperti sebelumnya tetap memiliki learning curve yang baik dimana kamu akan diperkenalkan kepada hal-hal baru seiring kamu bermain. Design levelnya juga cukup baik, tidak terlalu sulit tapi juga tidak terlalu mudah. Sistem 3 bintangnya dengan pintar membuat game ini bisa dimainkan siapa saja. Jika kamu pemain casual maka tidak usah memusingkan cara mendapatkan 3 bintang, tapi jika kamu tipe midcore gamer maka untuk mendapatkan 3 bintang dalam setiap level adalah tantangan tersendiri. Terkadang bintang ini terletak pada tempat-tempat yang sekilas tidak mungkin dijangkau, namun pastinya bisa dilakukan.

Cut The Rope: Time Travel mempunyai 6 dunia dengan 15 level di setiap worldnya sehingga secara total kamu akan mendapat 90 level. Sebuah jumlah yang sebenarnya terbilang lumayan banyak.

2. The Room

Horor dan menegangkan kadang bisa menjadi salah satu alasan untuk orang tetap berada di tempat mereka menyaksikannya. Rasa penasaran yang ditimbulkan mungkin menjadi alasan bagi mereka untuk tetap bertahan. Hal inilah yang mungkin ditangkap oleh Fireproof Studio, developer dari game The Room yang akan saya review kali ini. Kesan seram sudah terasa ketika kamu hendak memulai game ini.

the room 1

Berbagai teka-teki harus kamu pecahkan dalam sebuah ruangan milik seseorang, yang pastinya ia bukan seorang yang bodoh sampai bisa membuat sebuah puzzle game seperti ini. Ibaratnya kamu sedang sedang mencoba memecahkan berbagai kode rahasia yang ditinggalkannya untuk mengungkapkan cerita dibalik The Room. Interaksi dalam game ini sangat dirasakan sempurna untuk layar touchscreen dengan kontrol yang diberikan.

the room 2

Untuk memainkan game ini, The Room tidak menyia-nyiakan potensi touchscreen pada iPad. Beragam kontrol disediakan mulai dari swipe, tap, pinch, sampai tilt control. Ribet dong? Tentu saja tidak. Semua kontrol tersebut tidak digunakan secara bersamaan tetapi malah dengan beragam kontrol tersebut game ini justru terlihat begitu hidup. Disini kamu disediakan berbagai benda yang bisa kamu jelajahi. Double tap pada benda tersebut untuk zoom in, sedangkan pinch untuk zoom out.

Nah, yang menarik adalah menggunakan swipe control untuk menimbulkan kesan hidup dalam game. Contohnya, ketika kamu hendak membuka sebuah amplop surat, kamu harus swipe ke arah atas agar kertas surat dalam amplop tersebut keluar dan bisa terbaca. Untuk memecahkan teka-teki ini, kamu akan disediakan slot untuk penyimpanan barang yang kamu temukan pada samping kiri layar. Selain itu sebuah eyepiece yang akan mengubah cara pandang kamu juga bisa kamu pakai.

the room 3

Dari slot penyimpanan barang tersebut bisa kamu gunakan juga untuk interaksi dengan benda utama. Misalkan kamu mempunyai sebuah kunci, maka kamu bisa drag kunci tersebut ke arah lubang kunci dan swipe searah jarum jam seakan-akan kamu sedang memutar kunci sungguhan. Tentu saja kamu tidak bisa sendirian menyelesaikan puzzle ini. Untuk itu sebuah Hint akan muncul setiap beberapa saat.

Hint ini tidak mempunyai batasan tertentu. Tetapi kebanyakan untuk menyelesaikan 1 puzzle tertentu akan disediakan 3 hint mulai dari keterangan abstract sampai yang benar-benar spesifik menunjukkan jawabannya. Mengandalkan hint saja akan memakan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan 1 buah puzzle, padahal ada ratusan jenis puzzle yang terbagi dalam 4 Chapter yang ada. Jadi kamu pun tetap harus mencari sendiri bagaimana cara menyelesaikannya.

the room 4

Dalam 1 Chapter terdapat rentetan puzzle yang saling berhubungan. Misalnya pada Chapter 2, kamu akan menghadapi sebuah kotak yang mempunyai 5 sisi yang berbeda. Untuk membuka kotak utama tersebut kamu harus terlebih dahulu menyisir setiap bagian dari kotak tersebut agar kotak tersebut dapat terbuka. Memang mode dalam game ini hanya 1 satu, tetapi rasa penasaran yang timbul untuk menyelesaikan puzzle ini akan cukup untuk menemani kamu bermain selama berjam-jam.

Untuk masalah grafis, inilah game puzzle dengan detail yang sangat baik yang pernah saya lihat dan mainkan. Objek yang ada di dalam game tersedia dalam bentuk 3D, dan ibarat pemodelan dengan 3Ds Max kamu pun bisa melihat objek ini dalam berbagai sisi. Musik yang mengiri dalam game juga cukup mendukung suasa misteri dan horor yang ditimbulkan di dalam game.

the room 5

The Room adalah kandidat game puzzle terbaik yang pernah dihasilkan. Sangat tepat sekali Fireproof hanya menyediakan game ini dalam versi iPad karena dengan layar yang lebih besar kontrol bisa dilakukan dengan mudah dibandingkan di iPhone. Harga yang terbilang tinggi ($4.99) tidak akan terasa bagi pecinta game puzzle karena apa yang diberikan sebanding dengan apa yang kamu keluarkan. So, jangan ragu untuk mencobanya.

3. Mega Run

Belakangan ini saya cukup terkesan dengan beberapa game freemium dengan kualitas yang sangat baik seperti Juggernaut (Review GameSaku) atau Heroes Call. Game freemium sekarang sudah mulai lebih bervariasi dan berkualitas dibanding dulu yang biasanya didominasi oleh RPG dan Simulasi. Mega Run keluaran GetSetGames adalah game terbaru dengan genre kombinasi antara platformer dan auto run. Yang membuat game ini menarik adalah karena grafisnya yang sangat baik, design level yang tidak membosankan dan tersedia secara gratis dengan system IAP yang sangat-sangat friendly.

mega run 1

Di game Mega Run karakter cute kamu akan otomatis berlari kedepan, sedangkan kontrolnya hanya ada satu yaitu tap dimana saja di layar. Tap akan membuat Redford (nama karakter utama kita) meloncat dan double tap akan membuat Redford loncat lebih tinggi. Level yang akan kamu jalani akan sangat bervariasi mulai dari meloncati sebuah jurang, melompati sebuah platform dan mengalahkan musuh dengan cara melompat diatasnya.

 mega run 2

Ide gamenya sendiri bukanlah sesuatu yang baru tapi eksekusi game ini sangat baik dalam berbagai aspek membuatnya tidak seperti game lain yang suddah ada. Design levelnya juga sangat baik, kamu tidak akan secara linear berlari kearah depan karena kamu juga harus memutuskan untuk mengambil jalur yang mana. Level designnya sedikit mirip dengan Sonic The Hedhog dimana kamu bisa mengambil jalur atas, tengah dan bawah.

Ada tiga gem yang kamu dapat kumpulkan dalam sebuah level, dan gem ini tersimpan ditempat-tempat yang sulit dijangkau dan dijalur yang berbeda. Sehingga untuk mendapatkan ketiga gem tersebut kamu harus mengulang sebuah level beberapa kali. Mungkin kamu berfikir memainkan sebuah level berulang-ulang akan membosankan, tapi justru kekuatan game ini adalah replay valuenya yang sangat baik. Selain jalurnya yang tidak linear, setiap kamu memulai sebuah level kamu juga akan menemukan bagian-bagian yang di random sehingga diulang-ulang beberapa kali pun masih seru.

 mega run 3

Game ini juga menggunakan system leveling, sehingga karakter kamu bisa naik level. Dan setiap naik level kamu dapat membuka powerups yang dapat membuat game kamu lebih mudah seperti magnet yang akan menarik koin-koin disekitar kamu atau jetpack yang membuat kamu meluncur lebih cepat. Untungnya powerups ini hanya perlu dibeli sekali dan akan tersedia secara random didalam game.

Sistem IAP disini adalah salah satu yang paling friendly, karena kamu dapat membeli semua item-item dengan cara grinding. Kamu juga dapat menonton video promosi dengan imbalan IAP. So memang design IAP nya ditujukan sebagai supporting item saja dan bukan bagian dari game utama.

mega run 4

Mega Run mempunyai grafis yang sangat baik, ingkungannya sangat colorful dan bervariasi sehingga sangat enak dilihat dimata lama-lama. Framerate-nya yang sangat smooth dan kontrolnya yang responsive membuat pengalaman bermain menjadi lebih fun lagi.

Mega Run adalah sebuah game gratis yang seluruh fitur dan kualitasnya menyamai game-game premium lainnya. Jika kamu mencari game yang fun, gratis dan mempunyai gambar yang mantap maka berhenti mencari dan mulai download. Mega Run adalah game yang too good to be free in my opinion😀

Refrensi : http://gamesaku.com/

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: