11 Game Console Terbaik Sepanjang Masa

classic_video_game-consolesGame console terus mengalami perubahan dari masa ke masa. Namun tidak semua game kosole yang mengalami perubahan, tidak semua sukses di pasaran. Berbagai faktor dari segi kenyamanan, harga yang tidak sesuai sampai dengan banyaknya bug menjadi faktor yang selalu dikeluhkan oleh para user yang tentunya mempengaruhi kesuksesan dari peluncuran game console tertentu. Dari banyaknya game console yang ada, berikut 11 game console terbaik sepanjang masa menurut saya.


1). Sega Dreamcast [1999]

Ya di posisi 1 kita memiliki Sega Dreamcast, Konsol terbaik yang pernah dibuat Sega, dan Konsol terbaik yang pernah di buat. Sega Dreamcast dapat melawan konsol lain yang berada di chart ini berkat inovasi inovasi yang ditawarkannya.

sega dreamcast

Dreamcast pun memiliki game game AAA yang tidak dapat ditemukan di platform lain seperti : Chu Chu rockets, Jet Grind Radio, Space Channel 5, Shenmue, dan segudang koleksi game yang kreatif, menarik dan menyenangkan.

Game shooters pun disajikan dengan menarik seperti Gigawing dan Mars matrix. NFL 2k yang sangat dicintai oleh para gamers yang nanti akan berubah menjadi madden series.Dan seri seri game Fighting hardcore seperti Capcom vs SNK 2, Marvel vs Capcom 2 dan Street Fighter 3.

Built In Ethernet Jack membuat gamer dapat bermain online tanpa Add Ons yang mahal, atau gamer juga dapat browsing internet dengan browser yang di sediakan di Sega Dreamcast. Bahkan Controllers dari Sega Dreamcast ini sangatlah inovatif ; mereka menginclude slot untuk VMU (Virtual Memory Units), Removable Storage dengan display yang membantu dan tombol yang mengizinkan gamers untuk bermain Mini Games di jalan. Ini Membuat konsol ini fresh,menyenangkan dan terbaik.

tetapi sangat disayangkan konsol ini tidak berjalan lama karena kalah di persaingan pasar dengan PS2 yang saat itu akan segera release. tetapi saat konsol ini berjaya, ini adalah konsol terbaik sepanjang masa.

Game Sukses : NFL 2k2, Shenmue, Soul Calibur

2). Nintendo Entertaining System [1985]

nintendo entertaining systemUntuk posisi 2 ini kita memilih NES. Ya siapa yang nggak tahu NES, Console yang membuat anak anak menjadi seorang gamers di tahun 80an ini.NES tidak hanya menjadi console yang mempunyai game terbanyak, tetapi juga NES adalah konsol yang mempunyai variasi paling banyak : Mulai dari game Action,Sports,Rpg,Shooter dll. NES memang pantas menduduki peringkat ke 2 ini.

Game Sukses : Super Mario Bros 3, The Legend Of Zelda, Mega Man 2

3). Sony Playstation [1994]

ps 1Di Posisi ke 3 ini kita mempunya Sony Playstation atau yang orang sering bilang PS1.Sebenarnya Sony Playstation tidak menawarkan hal yang begitu inovative (CD based game system telah ada sebelum debutnya di tahun 1995), tetapi konsol pertama yang di tawarkan sony ini menunjukan suatu hal yang tidak pernah terlihat di konsol sebelumnya. tidak hanya desain nya yang lebih friendly untuk dimainkan oleh keluarga, tetapi juga menawarkan game yang lebih berkesan dewasa dan tema cerita dari game gamenya yang lebih kelam. Dengan Sony Playstation, Dunia Gaming sudah memulai perkembangannya.

Game Sukses : Metal Gear Solid, Resident Evil 2, Xenogears

4). Microsoft Xbox 360 [2005]

microsoft xbox 360Di soal Hardware dan gamenya mungkin Xbox tidak membuat suatu penambahan yang banyak, tetapi ada 1 hal yang membuat Xbox 360 ini spesial : Xbox Live. Microsoft membuktikan kalau komunitas online gaming tidak hanya tempat para gamer untuk bersaing, tetapi juga tempat untuk streaming video, download game trailer, dan tempat membeli game lama ataupun baru. Xbox 360 adalah pencetus dari konsol online gaming.

Game Sukses : Alan Wake, Halo Series, Mass Effect Series

5). Sega Genesis [1989]

walau hanya berbekal sistem 8-bit, Sega Genesis dapat bersaing ketat dengan SNES yang mempunyai sistem 16-bit. Diperlengkapi dengang game arcade hits di jamannya (Afterburner, Altered Beast, Outrun, Strider), game olahraga yang keren (Madden Series dan Sport Talk Series) dan sebuah Mario Killer (Sonic The Hedgehog), Sega Genesis dapat bersaing kompetitif dengan saingannya itu walau dalam soal grafik masih kalah jauh dengan SNES. Ditambah Sega memperbolehkan game Mortal Kombat yang terkenal sadis walau saat itu game kekerasan masih dalam perbincangan.

sega genesis

Game Sukses : Gunstar Heroes, Sonic The Hedgehog 2, Streets of Rage 2

6). The PC Engine Platform [1987]

PC engine adalah hasil dari gabungan antara NEC dan Hudson Soft untuk menjatuhkan Nintendo Famicom dari posisi pertamanya sebagai konsol terbaik. Walau tidak berhasil menjatuhkan sang raksasa gaming itu, tetapi PC engine berhasil membuktikan kesuksesannya.PC Engine yang memiliki System 16-bit dapat merender data lebih besar, lebih cerah dan lebih detail. Di tambah PC Engine adalah konsol pertama yang menggunakan CD-Based Media.

the pc engine platform

Game Sukses : Dracula X: Rondo of Blood, Lords of Thunder, PC Genjin 2 (aka Bonk’s Revenge)

7). Playstation Portable [2004]

Yang Membuat PSP dapat mendapatkan ranking 7 adalah karena PSP dapat membuktikan kalau Portable Gaming tidak kalah oleh Home Console Gaming, banyak game yang bermutu di PSP dan grafik yang di tawarkan pun bagus.

playstation portable

Game Sukses : Metal Gear Solid, Resident Evil 2, Xenogears

8). Neo Geo Advanced Entertaiment [1990]

Neo Geo Advances Entertaiment adalah model rumahan dari system arcade, dengan system 2D nya Neo Geo berhasil mengalahkan saingan lainya yang masih bersistem 16 bit yang saat itu masih merajai game di tahun 1990an, Neo Geo Advance system yang sama dengan produk game arcade lainnya. Walau di bekali dengan cartridge yang mahal ( sekitar 200$ ) tetapi semuat itu terbayar dengan grafik dan pembawaan suaranya yang sangat bagus.

neo geo

Game Sukses : Garou: Mark of the Wolves, King of Fighters ’98, Metal Slug 3

9). Nintendo GameBoy [1989]

Konsol yang rilis di tahun 1989 ini diatas kertas memang salah satu produk yang mendekati gagal, dengan desain yang tebal, layar dengan warna yang kurang enak dipandang, membutuhkan 4 baterai AA. Tetapi konsol ini dapat bersaing dengan rivalnya yang memiliki teknologi yang lebih baik ( Atari Lynx dan Sega Game Gear) dengan harga yang terjangkau ($89) dan salah satu pelopor game sukses hingga saat ini

nintendo gameboy

seperti : Tetris, Super Mario Land dan Pokemon. Gameboy adalah awal dari kesuksesan konsol handheld nintendo hingga saat ini ( Walau sudah mulai kalah saing dengan iPhone )

Game Sukses : Tetris, Super Mario Land, Pokémon

10). Atari 2600 [1977]

Bapak penemu Video Game Console. Atari 2600 pastilah masuk kedalam konsol game terbaik sepanjang masa, dengan panel kayu ala tahun 70an nya, mesin untuk bermain game bagi keluarga. Atari 2600 pertama kali keluar dengan harga $199 (harga yang sama dengan Sega Dreamcast 22 tahun kemudian) dan sudah termasuk combat dan 2 controllers, itu semua adalah semua yang kamu butuhkan untuk mengembangkan hobi baru di masanya. dan penerus dari produk Atari seperti Atari 5600 dan Atari 7200 pun sukses di pasaran, tapi saat nama Atari disebutkan, Gaming console inilah yang pasti akan terpikirkan oleh para gamer.

atari

Game Sukses : Frogger, Pitfall, Yar’s Revenge

11). Apple Mobile Platform [2007]

Sebelum Launching nya Apple iPhone, mobile gaming masih di pandang sebelah mata oleh para gamer karena dengan game yang kebanyakan hanya berbekal gameplay yang simple dan QWERTY control.

apple mobile

Platform dari apple ini menampilkan layar yang lebih besar (3,5 inch untuk iPhone/iPod touch, 9,6 inch untuk iPad) yang akan membuat para developer lebih leluasa dalam memprogram dunia gamenya. Virtual D-pad dan multitouch bisa menjadi hit ataupun gagal, tergantung dari genre dan pelaksanaannya. tetapi memang perusahaan Apple berhasil untuk memperbarui Portable Gaming dengan membuat iPhone, iPod Touch dan iPad menjadi sebuah portable gaming yang sukses

Game Sukses : Mirror’s Edge, Scrabble HD, Street Fighter IV untuk iPhone

Refrensi : http://gamekomang.blogspot.com/

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: