Membuat Aplikasi Sederhana pada Ruby on Rails (Linking Pages)

teamtreehouse.com

teamtreehouse.com

Pada postingan sebelumnya kita telah membahas bagaimana cara installasi ruby on rails. Kini saya akan membahas bagaimana cara membangun aplikasi sederhana menggunakan rails. Namun sebelum membahas bagaimana cara membuat aplikasi tersebut saya akan membahas alasan mengapa ruby sangat dianjurkan untuk digunakan bagi programmer dan para web developer.  Alasan-alasan ini sangat menarik untuk dicermati sebagai bahan pertimbangan bagi programmer untuk menentukan arah :p. Berikut kutipan yang saya intip dari halaman http://aripoya.ekalaya.com/

Mengapa ruby ?

Meskipun tidak banyak, tetapi programmer ruby biasanya adalah orang yang benar-benar suka membuat program. Sederhananya, karena jumlah lowongan kerja ruby jauh lebih sedikit dibandingkan lainnya. Biasanya orang-orang mempelajari ruby jauh lebih sedikit dibandingkan lainnya dan orang-orang yang mempelajari ruby bukan untuk memperoleh pekerjaan, melainkan karena telah berinteraksi dengan dunia pemrograman cukup lama dan tidak puas dengan bahasa yang mereka sudah kenal. Hal ini melahirkan dua paradoks :

  1. Apabila perusahaan mengembangkan program dalam bahasa yang umum, maka perusahaan itu berpeluang untuk merekrut programmer berkualitas baik. Karena programmer bahasa tersebut adalah orang-orang yang peduli untuk mempelajari dan mendalami bahasa pemrograman tersebut. (Bukan sekedar orang-orang yang mencari pekerjaan)
  2. Bahasa yang baik untuk dipelajari apabila anda ingin mendapatkan pekerjaan adalah bahasa yang dipelajari tidak hanya untuk mendapat pekerjaan.

Kedua paradoks diatas memang tidak dapat dibuktikan secara ilmiah. Faktanya, tidak banyak perusahaan yang menyadari hal tersebut. Namun menariknya, perusahaan yang menyadari hal ini adalah perusahaan yang memang dicari oleh orang-orang. Tengok saja Twitter, Scribd, Github dll. Singkatnya meskipun jumlah lowongan ataupun SDM ruby sedikit, kemungkinan besar kualitasnya berada diatas rata-rata.

Aripoya

Setelah kita mengintip beberapa alasan mengapa menggunakan ruby, kini tibalah kita pada step membangun aplikasi. Aplikasi yang kita bangun adalah berupa linking pages dimana ada 2 buah page dalam suatu halaman website dimana dalam satu halaman terdapat link yang akan membawa user ke halaman yang ingin dituju.  Berikut step by stepnya :

Buka terminal anda kemudian ketik perintah berikut untuk membuat framework baru

 rails new demo

Masuk ke dalam direktori framework tersebut kemudian jalakan

rails server

Perintah ini untuk menjalankan server tersebut. Buka browser anda, masukkan halaman http://localhost:3000. jika berhasil maka akan muncul tampilan berikut.

rails server runningpng

Selanjutnya jalankan perintah :

rails generate controller Say hello goodbye

yang berfungsi untuk membuat controller. Controller berguna untuk menjembatani hubungan antara model dan view. Dimana model adalah kumpulan struktur data yang digunakan sedangkan view adalah sebuah fungsionalitas untuk mengatur tampilan aplikasi yang akan kita buat. Buka halaman localhost:3000/say/hello jika berhasil maka akan muncul laman berikut :

hello

Gambar di atas merupakan gambar halaman hello yang telah kita buat. Untuk membuka halaman selanjutnya masukkan halaman berikut localhost:3000/say/goodbye

goodbye

JIka kedua halaman telah berhasil kita buat, maka langkah selanjutnya adalah mengedit potongan kode kedua laman tersebut. Buka file say_controller.rb yang terletak pada namaaplikasianda/app/controllers dan gunakan text editor anda untuk mengeditnya. Saya menggunakan nano, maka input perintah berikut :

nano app/controllers/say_controller.rb

ubah kode yang ada secara default menjadi seperti ini :

class SayController<ApplicationController
def hello
   @time = Time.now
end

def goodbye
   @files = Dir.glob(‘*’)
   end
end

Perintah yang ada tanda @ merupakan sebuh method yang akan kita panggil pada view. Selanjutnya kita akan mengedit potongan kode pada laman hello dan goodbye. Untuk halaman hello terletak pada app/views/say/hello.html.erb. Ubah seperti potongan kode di bawah ini :

<h1>Hello Bayu!</h1>
<p>Addition : <%=1+2 %></p>
<p>Concatenation: <%=”cow” + “boy”%></p>
<p>time in one hour : <%= 1.hour.from_now %></p>
<p>It is now <%= @time %></p>

<p> Time to say <%= link_to “Goodbye”, say_goodbye_path %>!</p>

Potongan kode diatas merupakan gabungan dari beberapa kelebihan yang dimiliki oleh ruby. Seperti pembacaan variabel secara otomatis, operasi aritmatika dan penggabungkan beberapa kata. Kemudian edit file goodbye.html.erb yang terletak pada app/views/say/goodbye.html.erb.

<h1>Goodbye !</h1>
<p>Nice to meet you :)</p>
<p><% for file in @files %>file name is : <%= file %><% end %>

     <p>Say <%= link_to “Hello”, say_hello_path %> again.</p>

Langkah selanjutnya adalah testing apakah linking pages yang kita buattelah berhasil berjalan atau tidak. Buka laman localhost:3000/say/hello maka akan muncul tampilan berikut ini :

hello afterDari laman tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa operasi aritmatika dan penggabungan kalimat yang kita buat berhasil berjalan🙂. Klik link “Goodbye” untuk menuju laman goodbye.

goodbye after

pada laman goodbye terdapat linking laman hello yang apabila di klik maka kita akan dibawa pada laman hello.

Demikian sedikit tutorial yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat😀

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: