Manusia dan Penderitaan

Penderitaan merupakan suatu hal yang akan dialami setiap makhluk hidup, dimana tanpa adanya kebahagiaan tak mungkin uga akan terciptanya suatu kebahagian, karena setiap manusia yang telah berhasil atau mampu mengalami setiap penderitaan maka kebahagiaan mustahil tidak diperolehnya. Pengertian penderitaan itu sendiri adalah suatu hal yang membuat seseorang atau manusia mengalami suatu derita atau kesakitan baik batin atau lahir. Penderitaan juga terbagi dalam 2 jenis yaitu :

  • Penderitaan secara batin
  • Penderitaan secara fisik

Jika memahami makna kedua jenis penderitaan diatas, maka penderitaan secara batin lah yang efek atau dampaknya paling sulit disembuhkan, karena hanya manusia itu sendiri yang dapat memulihkan atau menyembuhkan penderuitaannya masing-masing.

Jika mengaitkan hubungan manusia dan penderitaan, tentu sangat jelas kaitannya, karena sudah jelas bahwa setiap manusia akan mengalami satu atau lebih penderitaan yang akan dihadapinya. Dalam menghadapi penderitaan ini, tentunya ada bermacam cara dan sikap yang dimiliki oleh masing-masing manusia untuk menghadapi penderitaan itu. Cara yang terbaik dalam menghadapi suatu penderitaan adalah menjadikan penderitaan itu sebagai cambuk atau alasan untuk mereka untuk bangkit dan melakukan hal yang dapat menyelesaikan atau menghapus penderitaan itu dari diri manusia itu sendiri.

 

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: