Manusia dan Kebudayaan

Budaya merupakan sesuatu yang tercipta dengan sendirinya karena adanya pola tingkah laku atau kebiasaan yang sering dilakukan oleh sekelompok manusia yang menempati suatu daerah tertentu. Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai macam budaya serta adat istiadat yang melekat pada sekelompok manusia yang tentunya setiap budaya memiliki perbedaan dan ciri khas tersendiri. Mengapa budaya dapat tercipta melalui suatu kebiasaan ? Jika kita mencermati pertanyaan tersebut, kita harus mengetahui mengapa manusia itu melakukan suatu hal yang seiring dengan berjalannya waktu pola tingkah laku tersebut menjadi kebiasaan. Pada dasarnya pola tingkah laku tersebut dalam diri manusia itu sendiri diyakini sebagai suatu kebenaran yang akan membuatnya selamat, tentram, bahagia dan sejahtera, karena alasan itulah, manusia terus melakukan pola tingkah laku tersebut sehingga pola tingkah laku yang dilakukan secara rutin akan menjadi suatu budaya yang khas.

Jika kita coba mengaitkan hubungan dua hal ini yaitu manusia dan kebudayaan maka budaya dan manusia tidak dapat dipisahkan bahkan dalam setiap kelompok manusia sudah pasti memiliki kebudayaan yang khas dan tentunya berbeda dengan budaya-budaya lain sesuai kebiasaan dan tempat hidup sekelompok manusia itu sendiri.

Kita sebagai bangsa yang memiliki budaya dan adat istiadat yang beraneka ragam maka sudah wajib bagi kita bangsa indonesia untuk menjaganya dan jangan biarkan sedikitpun budaya yang kita miliki hilang atau punah seiring berjalannya waktu.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: