Hubungan Manusia dan Budaya Serta Cinta Kasih Terhadap Peristiwa Yang Terjadi Di Lingkungan Masyarakat

Pada postingan sebelumnya kita telah membahas beberapa teori tentang hubungan manusia dan kebudayaan serta manusia dan cinta kasih. Pada hakikatnya kedua bab tersebut bisa kita kaitkan atau memilki keterikatan baik secara fungsi, manfaat ataupun pengertiannya. Dalam kehidupan sehari-hari budaya dapat tumbuh karena adanya cinta, mengapa demikian ? karena dengan adanya cintalah maka kebudayaan yang pada dasarnya tercipta karena kebiasaan oleh sekelompok manusia dapat dijalankan dengan ikhlas karena adanya cinta, sehingga seiring berjalannya waktu kebiasaan tersebut dapat berubah menjadi suatu kebudayaan.

Masih sempat terekam dibenak kita bahwa ada segelintir pihak yang ingin mengambil budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, seperti reog, batik, angklung, dll. Apa yang menyebabkan hal ini dapat terjadi ? Jika kita telusuri kemungkinannya maka dapat kita simpulkan hal tersebut terjadi karena pada bangsa Indonesia itu sendiri kurang memiliki rasa kecintaan dengan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia ini, sehingga dengan adanya celah itu, segelintir kelompok mulai mempelajari dan lambat laun ingin mengakui berbagai macam budaya tersebut sebagai budaya khas miliknya. Untuk itulah budaya yang ada dan telah dimiliki agar dijaga keaslian dan keberadaaanya di negara ini, mulai dari menurunkan atau mengajarkan kepada anak cucu kita bahwa budaya indonesia itu bermacam-macam yang tentu saja didalamnya terdapat berbagai macam keindahan yang tak mungkin dapat dinilai.

Untuk itulah rasa cinta akan budaya, perlu ditanamkan sejak dini, mulai dari hal yang kecil, seperti me-wajibkan setiap sekolah memakai pakaian batik satu kali satu minggu atau membuat sekelompok musisi yang mana musisi tersebut memainkan alat musik tradisional Indonesia sehingga kata kepunahan dalam benak kita, takkan ada atau muncul dipikiran kita.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: