Istilah-istilah di Ubuntu

Anda pengguna baru Ubuntu ? Tentu agak sulit beradaptasi dengan ubuntu bagi seseorang yang baru saja bermigrasi ke Sistem Operasi ini. Apalagi jika anda tak terbiasa menggunakan OS Linux, tentu akan terasa asing mendengar istilah-istilah seperti APT, Mirror, Synaptic Package Manager dsb. Di bawah ini beberapa definisi istilah di ubuntu yang saya peroleh dari tabloid komputer PC MILD Edisi 11/2010.

  • APT

Advance Packaging Tool (APT) adalah aplikasi berbasis command line yang dapat digunakan untuk menangani urusan instalasi dan un-install paket software berbasis distro debian dan turunannya. APT mempermudah proses manajemen software pada sistem berbasis Unix dengan mengotomatisasikan pengambilan ketergantungan paket yang dibutuhkan, melakukan konfigurasi, dan instalasi paket dalam bentuk binari atau dengan melakukan kompilasi paket source kode.

  • Mirror

Dalam istilah manajemen paket, mirror adalah alternatif lokasi repositori paket dari repositori paket utama yang sudah tersedia. Dengan adanya mirror yang posisi jaringannya terdapat dekat dengan pengguna maka permasalahan minimnya alokasi bandwidth yang tersedia diharapkan dapat tertangani dengan baik.

  • Sypnatic Package Manager

Aplikasi berbasis GTK+ yang dibuat sebagai front-end Advanced Packaging Tool (APT) yang digunakan sebagai sistem manajemen paket Debian. Synaptic biasanya digunakan pada sistem berbasis  paket deb, namun dapat juga digunakan oleh sistem berbasis RPM. Synaptic dapat digunakan untuk menginstalasi, menghapus, meng-upgrade paket, dan juga untuk menambah daftar repositori paket.

  • Ubuntu Software Center

Ubuntu Software Center atau yang dulu dikenal dengan nama Uuntu Software Store, merupakan aplikasi berbasis GTK+ yang dibuat sebagai aplikasi front-end dari Advanced Packaging Tool (APT) untuk sistem manajemen Debian. Aplikasi ini dapat digunakan untuk menginstal dan meng-uninstall paket software dan dapat digunakan untuk menambah repositori. Pada menu utama aplikasi ini, tersedia sejumlah kategori paket software yang dapat dengan mudah diinstal atau di-uninstall oleh para penggunanya.

Sekiranya beberapa definisi tersebut dapat berguna bagi anda pengguna baru Ubuntu.

Sumber : Tabloid PC MILD Edisi 11/2010. 03-12 Juni 2010. Halaman 37

    • Rudi
    • July 20th, 2010

    siipp
    thanks iia wad artikell.y
    muga bisa w gunain dngan baik .

    • liiecha
    • November 12th, 2010

    :: informasi yang di berikan kurang lengkap ..
    . saya ingin tau arti dari commang line, multi tasking, multi user,menyunting file

    • terima kasih atas sarannya🙂
      untuk istilah istilah yang anda sebutkan diatas biasa digunakan untuk semua sistem operasi, tidak hanya ubuntu saja. artikel diatas saya posting untuk memberi sedikit infomasi tentang istilah istilah yang ada di dalam sistem operasi ubuntu. Untuk menjawab pertanyaan anda, maka saya akan mencoba menjelaskan sedikit istilah istilah di atas secara singkat :
      – multi user adalah kemampuan sebuah sistem operasi atau perangkat lunak aplikasi untuk memperbolehkan/ menginzinkan user menggunakan sistem operasi atau perangkat lunak tersebut secara bersamaan.
      – multi tasking (dalam istilah komputer) adalah kemampuan suatu komputer untuk menjalankan aplikasi lebih dari satu dalam satu waktu

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: